Kamis, 14 Maret 2013

RFID (Radio Frequency Identification)


Radio Frequency Identification (RFID) merupakan teknologi identifikasi menggunakan pembaca (reader) dan tag seperti barcode reader atau smart card. Di Indonesia teknologi RFID telah banyak digunakan dalam mengamankan barang dagangan di departemen store dari pencurian. Biasanya tab RFID di jepitkan di barang-barang fashion seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain. Tag RFID memancarkan gelombang radio yang dapat ditangkap oleh penangkap (catcher) yang biasanya dipasang di pintu keluar counter/area dept. store. Kala tag RFID belum dilepas oleh petugas kasir dan barang dibawa keluar, maka catcher akan memberikan sinyal berupa bunyi sirene.

Seiring perkembangan kebutuhan manusia, maka teknologi RFID mulai diterapkan dalam berbagai bidang. Di bidang pendidikan tab RFID diterapkan untuk mengidentifikasi buku-buku koleksi yang langka dan mahal. Tidak seperti produk fashion dimana tab RFID berbentuk stik, sehingga kalau diterapkan dibuku kurang tepat. Maka tag RFID dibuku dibuatkan sebuah chip yang tipis sehingga dapat diselipkan ke celah kertas pada cover buku. Chip RFID di buku juga sebagai pengganti label barcode yang selama ini sudah lama diterapkan.

Selain contoh di atas, masih banyak bidang yang sedang atau telah mengembangkan teknologi RFID antara lain : Sistem Absensi Karyawan dengan RFID, Sistem Presensi Kuliah dengan RFID, Pemetaan Posisi Barang/orang dengan RFID, Sistem Parkir dengan RFID, Sistem Kendali Pintu Gerbang dengan RFID, Sistem Kartu Pintar (Smart Card) dengan RFID, e-Card, e-KTP, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. parade-teknologi.blogspot.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz