Selasa, 23 April 2013

Cara Akses Layanan Wifi.id

logo wifi.id
logo wifi.id

Layanan Wifi di Indonesia semakin digencarkan oleh Telkom Indonesia dengan hadirnya Wifi.id dengan bendera Indonesia Wifi menggunakan layanan akses GRATIS internet nirkabel kecepatan tinggi yang disebarkan ke berbagai penjuru kawasan-kawasan potensial seperti mall, supermarket, sekolahan, kampus, kantor pelayanan publik, hotel, restoran, area terbuka publik, dll.

Konon di tahun 2013 ditargetkan puluhan ribu titik hingga sejuta titik ditahun-tahun berikutnya akan dipasang perangkat dari Wifi.id baik indoor maupun outdoor. Hal ini sangat menggembirakan karena tingkat penggunaan internet diharapkan dapat meningkat secara signifikan untuk dapat menyaingi tingkat pengguna akses di Indonesia yang masih tertinggal dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara.

Seluruh akses point ini memiliki nama identifikasi stasium (SSID) tunggal yaitu @wifi.id dan bisa dikoneksikan ke notebook, tablet pc, smartphone atau perangkat apapun yang mendukung standar ini. Sampai Desember ini PT. Telkom mengaku sudah mengaktifkan sekitar 100 ribu tititk akses yang ditempatkan di 30 kota se-Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatara dan Sulawesi. (tabloidpcplus Published on Desember 28, 2012)

 Adapun perangkat Wifi.id umumnya seperti gambar dibawah ini :


access point
access point wifi.id ( kiri indoor, kanan outdoor )

Berikut beberapa Cara Akses Layanan Wifi.id yang disediakan PT Telkom.

Akses Gratis. Pengguna harus menghubungkan perangkatnya ke titik akses dengan identitas free@wifi.id. Pengguna langsung bisa memakai layanan internet tanpa harus melakukan login. Akses internet dibatasi dengan kecepatan maksimum 1Mbps dan hanya bisa melakukan browsing. Akses ke layanan berbasis VoIP seperti Line, Whatsapp, Skype dan lain-lain tidak diijinkan. Akan ada pop up iklan selama 5 sampai 15 detik selama akses. Sambungan dibatasi selama 20, setelah itu akan dilakukan pemutusan otomatis. Jika masih membutuhkan koneksi, pengguna harus menghubungkan ulang perangkatnya. Secara lengkap caranya sebagai berikut :


deteksi wifi.id elmoony.wordpress.com
  • Aktifkan service Wifi pada laptop Anda
  • Setelah aktif, akan muncul beberapa network / SSID yang available.
  • Pastikan SSID Flashzone-seamless, Flash Zone, @wifi.id, Flexi Zone, free@wifi.id tersedia
  • Pilih free@wifi.id. Kemudian klik tombol Connect
  • Setelah status wifi connected to @wifi.id, maka koneksi ke @wifi.id telah berhasil
  • Buka web browser dan lakukan ke sembarang situs. Misalkan: http://parade-teknologi.blogspot.com kemudian akan muncul Welcome page indonesia Wifi
  • Tunggu beberapa saat, kemudian klik lanjutkan.
  • Setelah berhasil, maka akan muncul tulisan Selamat Koneksi dan Otentikasi Berhasil
  • Selesai. Anda dapat melakukan browsing sepuasnya!


Pelanggan Telkomsel

Terkoneksi menggunakan titik akses @wifi.id atau FlashZone Call ke *363*601# untuk memperoleh layanan free WiFi selama 1 jam. Pelanggan akses dengan menggunakan USERNAME: [nomor Telkomsel], PASSWORD : [balasan SMS]

Pelanggan Flexi.

Terkoneksi menggunakan titik akses @wifi.id atau FlashZone. Pelanggan Flexi sudah harus terdaftar sebagai pelanggan Flexi Mobile Broadband (FMB) dan FlexiNet (FNet). Akses dilakukan dengan memasukkan USERNAME & PASSWORD yang ada di FMB atau FNet.

Pelanggan Speedy

Terkoneksi menggunakan titik akses @wifi.id. Akses menggunakan USERNAME dan PASSWORD akun Speedy, atau dengan USERNAME nomor speedy dan PASSWORD nomor telepon rumah. Kuota Speedy dikonversi menjadi jam akses dengan skema sebagai berikut :

tabel kuota speedy
tabel kuota speedy

Selain itu layanan ini juga menyediakan program FlashZone Seamless untuk pengguna Telkomsel. FlashZone Seamless ini memungkinkan pengguna Telkomsel beralih dari koneksi 2G/3G ke Wifi tanpa harus memasukkan kembali username atau password. Caranya cukup terkoneksi ke titik akses “FlashZone-Seamless”. Sebelumnya pengguna Telkomsel harus mengaktifkan username dan password yang tertanam di kartu SIM dengan mengubah  otentikasi handheld menjadi EAP SIM.

Dalam situnya http://www.indonesiawifi.com menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengakses layanan mereka, silahkan kunjungi di sini

2 komentar:

Made Gelgel mengatakan...

laptop saya kok limited access terus ya? bagaimana cara mengatasinya. terimakasih

Admin+ mengatakan...

josst telkom yh

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. parade-teknologi.blogspot.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz