Selasa, 23 Juli 2013

Wi-Fi Berbayar vs Wi-Fi Gratis

Wi-Fi Selular (norfipc.com)
Gadget seluler membuat penggunanya sangat leluasa untuk akses internet, terutama pengguna yang mobilitasnya tinggi dari yang hanya sekedar untuk hiburan, informasi dan edukasi, sampai dengan urusan bisnis.

Secara umum, tingkat keleluasaan dan kemudahan akses data dinilai dari ketersediaan jaringan yang luas, kecepatan tinggi, aman, murah atau bahkan gratis. Melihat tuntutan kebutuhan tersebut maka kini banyak dibangun fasilitas jaringan Wireless Fidelity (Wi-Fi) ditempat-tempat umum antara lain di mal, sekolah atau kampus, cafe, hotel, dll. Bahkan di beberapa taman di kota terdapat area Free Wi-Fi. Seperti yang saya temui di Kompleks Lapangan Pancasila, Simpang Lima, dan sepanjang jalan Pahlawan, Kota Semarang. Di tempat tersebut siapa saja bisa menggunakan Free Wi-Fi 24 jam. Kesempatan ini banyak digunakan oleh anak-anak muda usia sekolah dan mahasiswa untuk akses internet secara gratis.

Kebutuhan yang tinggi akan akses data terutama pada jam sibuk inilah yang dimanfaatkan oleh para penyedia jasa internet dari berbagai operator selular.  Persaingan ini dengan memastikan  bahwa pelanggan mendapat  layanan di jaringan 2G atau 3G, yang penting gadget yang digunakan mendukung. Bahkan, kini operator mulai memasang kecepatan lebih dari yang sering ditawarkan oleh banyak operator untuk merebut pelanggan. Dengan kecepatan lebih dari 7,2 Mbps atau bahkan 20 Mbps para eksekutif dan pebisnis mana yang tidak mau. Layanan yang tersedia Wi-Fi berbayar ini biasanya di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh mereka yang sibuk dengan mobilitas tinggi. Tempat-tempat tersebut antara lain di mal, restoran, dan cafe.

Paling tidak sudah ada beberapa produk layanan dari empat operator yang menjadi pemain di bisnis layanan wifi seperti yaitu Indosat Super Wi-Fi, XL Wi-Fi Zone, dan Mobile Wi-Fi Telkomsel dan free@wifi.id dari Telkom. Mereka masing-masing mengusung keunggulan dan persaingan berbagai sisi baik teknologinya, kemudahan, kecepatan, dan yang pasti harga yang bersaing. 

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. parade-teknologi.blogspot.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz