Kamis, 30 Mei 2013

Energi Hijau

http://www.indoenergi.com
energi hijau by: http://www.indoenergi.com
Minyak bumi yang berasal dari fosil kelak dipastikan habis setelah manusia memanfaatkannya sejak ratusan tahun yang lalu. Minyak bumi sebagai bahan bakar tidak pernah henti-hentinya disedot hingga jutaan barel tiap harinya. Energi dari minyak bumi memiliki dampak yang memperburuk keadaan lingkungan bumi sehingga lambat laun manusia mulai merasakan akibatnya. Akibat-akibat buruk yang telah terjadi diantaranya adalah pemanasan global yang mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrim yaitu meningkatnya temperatur udara. Pembakaran minyak bumi oleh aktifitas manusia melalui mesin-mesin industri dan transportasi melepaskan gas karbon yang memicu gejala efek rumah kaca karena rusaknya lapisan ozon.
Istilah Energi Hijau mulai populer sebagai pengganti sumber energi yang kurang ramah lingkungan, beruntunglah manusia mulai sadar untuk mendapatkan energi yang lebih bersih terus dikembangkan. Secara geografis negara kita punya banyak potensi energi hijau antara lain energi air, energi angin, energi surya, energi biomasa, energi gas, energi geothermal. Sayangnya energi hijau tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Energi Air
Dari air saja tersimpan energi yang sangat melimpah dinegeri ini. Energi dari sungai yang dibendung dapat dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Gelombang lautpun menyimpan energi yang besar dan tersebar dilihat dari luasnya pantai Indonesia.
Teknologi merubah tenaga air menjadi listrik berupa turbin air sudah dikenal sejak lama dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih saat ini.

Energi Angin
Luasnya daratan dan perairan Indonesia serta letak geografis yang mendukung melimpahnya angin tersimpan energi angin untuk menggerakkan kincir angin menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTAn).

Energi Surya
Letak geografis Indonesia di garis khatulistiwa membuat hampir seluruh wilayah terpapar sinar matahari hampir sehari penuh. Dengan sinar matahari yang kuat ini dapat dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya mengubah sinar matahari menjadi energi listrik dengan peralatan sel surya.

Energi Biomasa
Biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Kultur pertanian Indonesia sebagai negeri yang subur memiliki potensi energi yang cukup dahsyat. Hasil sampingan pabrik gula berupa molases dapat dihasilkan bioethanol. Tanaman jarak yang murah dan mudah tumbuh dihampir seluruh wilayah juga dapat dihasilkan bioethanol. Sebagai bahan campuran minyak solar maka lebih populer disebut biosolar yang sudah dipergunakan secara luas. Kotoran hewan pun diupayakan menjadi biogas sebagai energi yang bersih.

Energi Gas
Disamping minyak bumi ada potensi gas bumi yang tersimpan dan tersebar dengan deposit yang amat besar. Ladang-ladang gas bumi terus dicari dan dieksploitasi

Energi Geo Thermal
Tersebarnya gunung api aktif hampir diseluruh pulau di Indonesia, sehingga kita dikenal berada di cincin api alias Ring of Fire.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. parade-teknologi.blogspot.com - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz